Air Terjun Tretes, Keindahan Alam yang Tersembunyi

Jombang selama ini dikenal sebagai kota santri, karena memang di Jombang banyak didirikan pondok pesantren. Tetapi jangan salah, kota santri ini juga menyimpan banyak potensi keindahan alam, salah satunya adalah Air Terjun Tretes. Air terjun tersebut berada di Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Keindahan wisata yang berjarak 40 km dari kota Jombang ini tidak perlu diragukan lagi. Siapapun yang menjejakkan kaki disana, akan merasakan harmoni nuansa keaslian alam yang masih sangat terjaga rapi.
Klik disini untuk melihat foto lainnya.
Terdapat dua jalan untuk menuju lokasi Air Terjun Tretes. Yang pertama, melalui wilayah Kabupaten Jombang, berupa jalan setapak yang melewati bukit dan sungai. Panjang jalan dari tempat parkir ke lokasi sekitar 5 km. Sedangkan jalan yang kedua melalui wilayah Kabupaten Kediri, berupa jalan batu yang dapat dilalui oleh kendaraan roda empat seperti jeep dan sejenisnya. Panjang jalan dari tempat parkir ke lokasi sekitar 1 km.
Tertarik mendatangai tempat wisata ini? Untuk dapat menjangkau lokasi air terjun, dibutuhkan persiapan yang cukup. Karena, jalan menuju kesana sangat terjal dan berliku. Kita diharuskan melewati jalan setapak yang penuh dengan bebatuan licin dan beberapa sungai kecil di tengah – tengah hutan. Dengan ketinggian 158 meter dan terletak di ketinggian 1250 meter di atas permukaan air laut, tidak ada seorang pun yang dapat menolak pesona Air Terjun Tretes ini. ( fir / beritajombang.NET )


Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply