Karnaval Menyisahkan Lautan Sampah

Pencari sampah mengumpulkan sampah plastik di antara penonton.
Foto : Rahmat Sularso Nh./beritajombang.net
Jombang, beritajombang.net - Perhelatan Karnaval tahun 2013 di Jombang yang baru saja usai di gelar sore ini (14/9) menyisahkan pilu. Lebih kurang 78 kelompok mengikuti karnaval mobil hias dengan segala tema yang di usung. Bahkan dari setiap kelompok bisa lebih menghadirkan satu mobil hias. Kebanyakan ada mobil hias inti di bagian terdepan. Berikutnya di susul dengan beragam mobil hias lain atau kendaraan seperti andong, becak, maupun kereta kelinci yang di hias mengiringi dibelakangnya.

Acara tahunan ini sangat menyita perhatian banyak pihak. Utamanya masyarakat Jombang dari seluruh penjuru berbondong memenuhi jalan yang digunakan dalam rute karnaval dari siang hari. Walaupun start baru pukul 13.00 WIB mereka sengaja datang lebih awal supaya mendapatkan tempat menonton yang strategis. Rutenya di awali dari Aloon-aloon,  Jalan KH. Wahid Hasyim, A. Yani, RE. Martadinata, Kusumabangsa, dr. Sutomo, KH. Ahmad Dahlan dan kembali ke Aloon-aloon. Sementara panggung utamanya berada tidak jauh dari Kantor Pemerintahan Kabupaten Jombang.

Kemeriahan memuncak saat Marching Band Corps Cendrawasih Den 46 Akademi Kepolisian Republik Indonesia angkatan 2011 sebanyak 300 personil menunjukan kepiawaiannya bermain marching band. Atraksi drum band yang tidak biasa itu membuat mata penonton enggan berkedip. Termasuk saat pemegang bas drum unjuk gigi dengan mengangkat bas dram dengan giginya. Selebihnya banyak personil lain menunjukan keahliannya masing-masing.

Sayang,  karnaval tahun 2013 masih menyisahkan pilu. Sejumlah sampah bekas makanan dan minuman berserakan memenuhi ruas-ruas jalan. Alhasil petugas kebersiahan bisa panen sampah karena selepas rombongan terakhir melintas dan penonton meninggalkan ruas jalan. Terlihat jelas sampah beraneka warna menghiasi sudut jalan kota yang pernag meraih Adipura Kencana ini. (lar)

Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply