Mudahnya Belajar Membatik dengan Canthing Elektrik

FOTO : Munthis Stanislavski
Canthing elektrik membantu membatik lebih mudah.
Diwek (beritajombang.net) - Siapa bilang membatik itu sulit? Terbukti pelajar di SMP Negeri 1 Diwek sudah produktif membuat batik ala Jombangan. Mereka dikenalkan cara membatik secara sederhana menggunakan canthing elektrik.

Semula tingkat kesulitan dalam membatik adalah harus melelehkan malam terlebih dahulu di atas kompor minyak dengan suhu yang stabil. Namun kini dengan kehadiran canthing elektrik, para pelajar lebih mudah dalam membatik. Mereka sudah tidak perlu menunggu hingga malam mencair, kemudian menuangkan ke canthing secara perlahan. Melalui canthing elektrik pengerjaan lebih efisien dan lebih cepat jadinya

Harga percanthing elektrik terbilang terjangkau, hanya sekitar 250.000 Rupiah. Mekanisme pemakaiannya pun terbilang tidak rumit. Malam yang masih dalam kondisi batangan atau padat, tinggal di taruh di bagian paling atas canthing elektrik. Lebih lanjut, suhu yang digunakan pun bisa menyesuaikan kebutuhan pembatik.

"Canthing elektrik terbilang hebat biaya. Biasanya harus membeli minyak tanak 20.000 Rupiah dan sekali pakai langsung habis. Sedangkan canthing elektrik hanya membutuhkan daya 5 Watt tetapi hasilnya bisa maksimal dan lebih cepat," ungkap Iriani Latuti, pembina ektrakulikuler membatik di SMP Negeri 1 Diwek.

Kemudahan membatik yang diperoleh dengan menggunakan canthing elektrik, membuat mereka lebih berani melakukan pengembangan inovasi terhadap motif batik. Hal itu ditekankan terhadap motif yang lebih menonjolkan Jombangannya seperti motif Batik Andong, Masjid, Bunga, Tumbuhan dan lain sebaginya. [dra/lar]

Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply