Diduga Korsleting listrik, Pasar Blimbing ludes terbakar


Beritajombang.Net: Ratusan kios di pasar Desa Blimbing, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang, Rabu (28/o8/2013) dinihari ludes terbakar. Upaya pedagang pasar dan warga sekitar memadamkan kobaran api tak mampu menghalau ganasnya jilatan si jago merah.
Seno (45), salah seorang pedagang di Pasar Blimbing mengungkapkan, kejadian kebakaran terjadi mulai sekitar pukul 02.30 WIB. Saat itu, sudah ada beberapa pedagang yang memulai aktifitas. Kobaran api yang meluluh-lantakkan bangunan pasar Blimbing berasal dari kios bagian barat. Dari kios blok barat, api menyebar ke kios bagian belakang dan berikutnya menyebar ke kios lain. “Kira-kira jam setengah tiga kejadiannya, api cepat membesar,” ujar Seno.
Para pedagang dan warga, kata Seno, sebenarnya sudah berupaya memadamkan sejak api mulai membakar salah satu kios. Namun keterbatasan sarana di dalam pasar membuat upaya yang dilakukan para pedagang dan warga menjadi tidak berarti. “Banyak sekali yang terbakar, kira-kira sampai ratusan,” ungkap dia.                                              Foto selengkapnya klik <disini>
Ratusan kios di Pasar Blimbing akhirnya ludes terbakar, meski petugas Pemadam Kebakaran (PMK) sempat datang dan berupaya memadamkan kobaran api. “PMK-nya terlambat datang. PMK datang yang sebelah sana (tengah) sudah terbakar,” keluh Seno saat ditemui di lokasi pasar Blimbing.

Sejam kemudian pemadam kebakaran pun datang ke lokasi. Namun sayangnya karena sejumlah alatnya rusak termasuk selang bocor salah satu mobil pemadam kebakaran harus pulang lagi sehingga proses pemadaman tidak bisa dilakukan secara maksimal. 

Sementara itu, di sela-sela kobaran api yang akhirnya menghanguskan pasar Blimbing, sejumlah pedagang terlihat berupaya menyelamatkan barang dagangannya. Upaya pemadaman oleh warga, pedagang dan PMK terus dilakukan hingga api benar-benar padam pada Rabu pagi.
Kepala Polsek Gudo, AKP Ismoyo mengakui ada keterlambatan petugas PMK sehingga ratusan kios tidak bisa diselamatkan dari gerusan si jago merah. “Sepertinya ada keterlambatan dari PMK, kejadian sekitar jam tiga, jam tiga seperempat PMK baru datang,” ujar dia saat meninjau lokasi kejadian.
Ismoyo belum bisa memastikan penyebab dari kebakaran di Pasar Blimbing, Gudo, Jombang. “Penyebab sementara karena korsleting listrik. Tapi kami masih menyelidiki penyebab pastinya,” pungkas AKP Ismoyo.Aji

Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply