Duet Panjat Pinang dan Kuda Kepang Meriahkan Kemerdekaan

Peserta lomba panjat pinang dan pemain Kuda Kepang beraksi/munthis stanislavski.
Jombang, beritajombang.net - Nuansa kemerdekaan masih sangat lekat hingga akhir bulan Agustus seperti sekarang ini. Beragam perayaan pun masih digelar dengan pelbagai bentuk yang melibatkan masyarakat secara meluas. Tidak mau ketinggalan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jombang menggelar lomba panjat pinang dan kesinian Kuda Kepang.

Sebuah aksi tontonan rakyat yang diselenggarakan hari Sabtu (24/8) di Aloon-aloon Kabupaten Jombang ini mampu menyedot minat masyarakat untuk datang dan menyaksikan langsung. Sepertinya mereka pun sudah merindukan kesenian rakyat seperti Kuda Kepang tampil sebagai tontonan rakyat di area terbuka. Terbukti ratusan orang memenuhi pelataran aloon-aloon sebelah Utara dan mengelilingi dua pohon pinang yang sudah ditancapkan beserta mencermati atraksi Kuda Kepang.

Sebujur tambang biru dibentang sebagai pembatas. Namun penonton yang atusias baik anak-anak ataupun orang dewasa lambat laun merangsek masuk di area tersebut. Sangking asyiknya memberikan semangat kepada peserta lomba panjat pinang yang telah berjibaku naik turun merebut hadiah di ujung pinang dan menghitam terkena oli. Tanpa disadari salah seorang penonton kerasukan di tengah atraksi Kuda Kepang Turonggo Ronggo Jati dari Dusun Maron, Desa Sidowarek, Kecamatan Ngoro pimpinan Bopo Riyanto.

Bahkan pemain Kuda Kepang yang sudah bermain di luar kesadaran sesekali mendekati penonton. Serentak saja penonton lari kelabakan menghindari pemain Kuda Kepang yang sedang menari-nari tersebut. Sementara kelompok yang memenangkan dan berhasil lebih dulu mengambil hadiah di ujung pinang sangat riang sambil mengibar-kibarkan bendera merah putih yang tertancap di sana. (lar)

Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply