Tamrin Bey, Pengamat Pendidikan di Jombang : “Like Father Like Son”

Tamrin Bey/Rahmat Sularso Nh.

beritajombang.net, JOMBANG - Pendidikan telah menjadi kebutuhan mendasar dan utama setiap manusia modern. Oleh karena itu, orang tua sudah tidak perlu berpikir dua kali jika menyekolahkan anak sejak usia dini. Para orang tua ini berharap anaknya memperoleh pendidikan dengan baik meski kesibukan pekerjaan seringkali menyita waktu kebersamaan dengan anak.

Fenomena ini ditangkap pengamat pendidikan di Kabupaten Jombang, Tamrin Bey, bahwa sempitnya waktu kebersamaan antara orang tua dengan anak dapat berakibat fatal jika tidak disikapi dengan bijak. Perkembangan jaman sangat mengglobal hingga menyentuh sektor pendidikan. Konsekwensinya, peserta didik sekarang harus lebih dinamis mengikuti perkembangan pendidikan modern.

“Ambil contoh, varian pilihan pendidikan yang kian beragam, terutama pada tawaran fasilitas yang diberikan yang berimbas pada biaya yang harus dikeluarkan,” tegas mantan Wakil Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang tersebut.

Banyaknya pilihan model sekolah menuntut orang tua harus cermat memilih dan melihat kebutuhan anaknya.

“Mencermati kebutuhan anak adalah pertimbangan pertama. Jangan sampai salah pilih. Terkadang pandangan orang tua tentang pendidikan berbanding terbalik dengan kebutuhan anak masa kini,” jelas Tamrin Bey. Berikutnya, sekolah dengan mutu baik lazimnya menuntut biaya yang tidak biasa. Orang tua mesti sanggup memenuhi kebutuhan biaya tersebut.

Selain itu, Tamrin Bey yang juga aktif sebagai dosen STIE PGRI Dewantara Jombang ini menjelaskan anak pada prinsipnya memiliki daya mimetik (peniruan) pada awal pendidikan. Dengan demikian, orang tua sebagai teladan terdekat anak harus mampu memberi contoh sikap yang baik. (lar) 

Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply